Sejarah Paroki

SEJARAH SINGKAT PAROKI SANTO ARNOLDUS JANSSEN KUALA KURUN

Pada bulan September 1984, wilayah Paroki St. Maria Palangka Raya yang selama ini dilayani oleh para Pastor dari konggregasi Misionaris Keluarga Kudus (MSF) diserah terimakan pelayanannya kepada Konggregasi Serikat Sabda Allah (SVD) dengan Pastor Parokinya adalah Pastor Clemens Cletus Da Cunha SVD, didampingi Pastor Gabriel Kalen Wujon SVD.

Dan pada masa ini Mgr Fx. Prajasuta MSF, bersama dengan Pastor Clemens Cletus Da Cunha, SVD dan rombongan meresmikan 3 buah Gereja di Kuala Kurun, Tumbang Terusan dan Lawang Uru.

Ditahun 1985, Pastor Norbert Betan, SVD menggantikan Pastor Clemens Cletus Da Cunha, SVD sebagai pastor Paroki St. Maria Palangka Raya, yang saat itu juga melayani Stasi Tangkiling, Stasi Bereng Bengkel/ Kalampangan. Sedang Pastor Clemens Cletus Da Cunha,SVD berkarya di Stasi jalur sungai Kahayan hulu, Stasi jalur sungai Rungan dan Manuhing dengan Pusat Misi di Kuala Kurun,bahkan mendirikan SMA Katolik di Kuala Kurun dibawah Yayasan Arnoldus Yansen.

Tanggal 21 Juli 1985, Keuskupan Banjarmasin mendirikan PGAK Tahasak Danum Pambelum di Palangka Raya yang diresmikan oleh Mgr. Fx. Prajasuta MSF dan sebagai pimpinannya adalah Pastor Clemens Cletus Da Cunha,SVD. PGAK ini didirikan berdasarkan keputusan Rapat Kerja bulan Nopember 1984 di Sikhar Banjarbaru untuk keperluan mengatasi kekurangan guru agama Katolik/Katekis.

Pada bulan Agustus 1985, tiga orang Suster Misionaris SSpS tiba di Palangka Raya.

(CM.SSpS. Conggregatio Missionaris Servarum Spiritus Sancti/ Konggregasi Misi Abdi Roh Kudus) dengan tujuan : Mewartakan Cinta Kasih Allah Tritunggal yang menyelamatkan kepada semua orang yang belum, sedang atau sudah menerima Kabar Gembira tapi belum mendalam, khususnya penduduk asli. Karya mereka meliputi : Pastoral keluarga, Pendidikan dan Medis.

Pionir-pionir SSpS tersebut antara lain :

  1. Suster Anderea Maria Margareta Wulu SSpS sebagai Pimpinan Komunitas dengan profesi sebagai guru, mengajar di SMAK St. Petrus Kanisius merangkap sebagai Kepala Sekolah.Dan tahun 1989 diangkat sebagai Kepala SMPK St. Paulus Palangka Raya.
  2. Suster Elisabeth Pamul SSpS, bekerja sama dengan Pastor Clemens Cletus Da Cunha,SVD. Di jalur Sungai Kahayan sebagai perawat.
  3. Suster Patricia Ursula SSpS yang bekerjasama dengan Pastor Raimundus RedeBlolong, SVD, (yang kemudian digantikan oleh Pastor Yoseph Bukubala,SVD) di jalur sungai Katingan untuk menangani Pastoral Keluarga, anak-anak   dan ketrampilan untuk ibu-ibu.

 

  • Misi Katolik Santo Arnoldus Janssen masuk di Kuala Kurun dirintis oleh almarhum Pastor Clemens Cletus Da Cunha, SVD Pastor Raymundus Rede Blikololong, SVD Pastor Gabriel Kaleng Wujon, SVD pada tahun 1984 dengan metode katekese sebagai berikut:
  1. Melaksanakan visitasi ke rumah Kepala Desa
  2. Mengunjungi Warga/Jemaat (mayoritas Warga Kristen Protestan).
  3. Melaksanakan ibadat, doa dan perayaan
  • Wilayah Pastoral yang sangat luas meliputi Das Kahayan, Das Rungan dan Das Manuhing, dengan alat transportasi satu-satunya adalah trasnportasi sungai ; kapal, long boat, speed boat.
  • Tenaga Katekis belum ada, masih Pastor sendiri (single fighter).
  • Mengingat jumlah umat sudah mulai banyak, maka perlu pembangunan Gereja.
  • September 1986 mulai dibangun Gereja Katolik Kuala Kurun, dan Pastoran di sebelahnya yang dibatasi oleh sekat.
  • Pengangkatan 10 orang Katekis untuk membantu Pastor Paroki.
  • Perkembangan Umat dan peningkatan jumlah Stasi, maka dibentuklah sebuah Paroki dengan nama Paroki Beato Arnoldus Janssen Kuala Kurun pada tahun 1995.
  • Sekaligus ada pemisahan Paroki yang ada di Das Kahayan, Das Rungan dan Manuhing.

PASTOR YANG PERNAH BERKARYA BAIK SEBAGAI PASTOR PAROKI MAUPUN PASTOR REKAN :

  1. PASTOR CLEMENS CLETUS DA CUNHA, SVD
  2. PASTOR RAYMUNDUS REDE BLOLONG, SVD
  3. PASTOR GABRIEL KALEN WUJON, SVD
  4. PASTOR YOSEF BUKUBALA, SVD
  5. PASTOR STANIS KELEWAIR, SVD
  6. PASTOR YOSEF DUE, SVD
  7. PASTOR DAMASENUS SATU, SVD
  8. PASTOR LUDOVIKUS PAKE, SVD
  9. PASTOR GABRIEL RAFAEL SENDA, SVD
  10. PASTOR FX. KETUT TRISNOYANTO, SVD
  11. PASTOR LUCIUS SARI URAN, SVD
  12. PASTOR SIPRIANUS WAGUNG, SVD
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s